Kebudayaan Jawa, sering disebut-sebut sebagai turunan dari kebudayaan yang lebih tua dari India, terutama dari segi kebahasaan, dimana Bahasa Jawa merupakan turunan dari Bahasa Dewanagari yang ada di India. Bahkan bukan hanya Bahasa Jawa, beberapa bahasa di Nusantara juga merupakan turunan dari Bahasa Dewanagari yang sama. Benarkah?
Tentu saja saya tidak mampu menjawab itu. Tetapi mungkin dengan menggunakan objek lain yang masih berhubungan dengan hal itu, kita bisa mengambil kesimpulan mengenai hal ini. India dan Jawa mempunyai persamaan, diantaranya adalah kesamaan adanya tokoh-tokoh besar yang menjadi karakter utama dalam dunia pewayangan. Perbedaannya mungkin dalam penyebutan, seperti tokoh Yudhistira di India yang sering disebut Puntadewa di Jawa, Arjuna yang sama dengan Janaka, Bima yang sama dengan Werkudara, dll.
Tokoh-tokoh itu dikenal terutama karena dua kisah epos klasik Ramayana dan Mahabarata, yang dikenal sebagai karya sastra dari India. Maka kemudian juga tokoh-tokoh dalam kedua kisah tersebut hidup di India, benarkah? Lantas mengapa tokoh-tokoh dalam karya sastra klasik India lebih dekat secara kultural dengan masyarakat Jawa? Bahkan di India tidak ada Panakawan, sementara di Jawa lebih lengkap dengan adanya Panakawan.
Lagi-lagi saya harus mengatakan tidak bisa menjawab itu, tetapi dengan pertanyaan tersebut muncul kemungkinan yang bisa jadi mengejutkan kita semua, yaitu bahwa tokoh-tokoh pewayangan yang juga tokoh-tokoh dalam kitab Mahabarata dan Ramayana itu adalah tokoh-tokoh yang pernah hidup di tanah Jawa. Lagi-lagi yang saya gunakan adalah kedekatan emosional dan kedekatan kultural, yang tentu saja tidak akan diterima di dalam metode penelitian ilmiah manapun. Tetapi tentu saja tak masalah, karena tujuan dari tulisan ini adalah membangkitkan rasa penasaran pembaca mengenai sejarah Jawa di masa lalu.
Mari kita tutup tulisan ini dengan pertanyaan, "Apakah mungkin orang India menulis Ramayana dan Mahabarata atas permintaan dari penguasa di Jawa, yaitu tokoh-tokoh pewayangan itu sendiri?"
Salam
ReplyDeleteBerbagi Kisah, Informasi dan Foto
Tentang Indahnya INDONESIA
www.jelajah-nesia2.blogspot.com
www.jelajah-nesia.blogspot.com
Kalau menilik palajaran sejarah, yang menulis ( menterjemahkan ) Kitab Mahabarata adalah Resi Viyasa ( Wiyasa ) pada masa raja Dharmawangsa dari Kerajaan Medang, sedangkan penulis ( menterjemahkan Kitab Kakawin Ramayana adalah Valmiki ( Walmiki ). Dengan adanya kata menterjemahkan, maka jelas bukan aseli Jawa. Terjemahan tersebut dari huruf Palawa bahasa Sanskerta ke dalam huruf dan bahasa Kawi/Jawa kuno. Sekarang cari tahu saja huruf Palawa dan bahasa Sanskerta itu berasal dari mana? Pasti ketemu.
ReplyDelete@Mas Antonius Suparjo:
ReplyDeleteapakah tidak ada kemungkinan bahwa mereka (bangsa india) adalah juru tulis orang jawa? masalahnya metode penelitian sejarah saat ini kl boleh saya sedikit kritik, terlalu leiden-sentris..
tapi kl nggak salah huruf Palawa dan bahasa sansekerta juga dipakai oleh salakanegara, tarumanegara, dan kutai, kan?
maaf kl tulisan ini agak membingungkan, karena masalah ini juga membuat saya bingung..ditunggu komentar2nya yang lain, Mas..makasih..
astino puro / astina pura pusat nya di kediri . ramayana dan mahabarata adalah kisah yg terjadi di jawa dan org india sebagai penulis kisah. untuk tokoh2 pewayangan mmg hidup pada masa itu, kecuali semar....karena semar adalah gambaran sosok iblis, iblis adalah malaikat yg paling kuat hatinya, karena mampu tuk jadi tokoh penggoda manusia.
ReplyDelete@Mas Surbiyanto Jufri: Terimakasih informasinya. Tetapi yang belum saya tahu adalah Semar yang panjenengan sebut sbg iblis, jika memang semar adalah iblis kenapa malah dijadikan oleh pamomong bagi pandawa? semar dan anak2nya di sisi pandawa, dan togog serta mbilung di sisi kurawa..mohon penjelasannya, hehehe..
ReplyDeletemakasih sudah berkenan mampir dan memberikan tambahan informasi..ditunggu kedatangannya lagi..
Coba liat di youtube. Ada disebuah pengajian yg menjelaskan bahwa semar itu iblis.
DeleteSemar bisa diartikan sangat sangat luas, di tokoh semar sangat banyak sekali pelajaran2 yg bisa digali
DeleteMemang susah untuk menjawab pertanyaan mengenai kisah mahabarata dan ramayana apakah ditulis oleh orang India atas perintah penguasa Jawa, dengan asumsi bahwa karya sastra India dekat dengan kultur Jawa dan bahkan di Jawa lebih lengkap. Kalau saya berpendapat bahwa ini hasil akulturasi budaya India dan Jawa. Ketika Mahabarata dan Ramayana diterjemahkan, kerajaan di Indonesia juga sudah mempunyai budaya sendiri, tetapi kebudayaan India bisa diterima masyarakat, dan kemudian terjadi akulturasi budaya India dengan disesuaikan dengan budaya yang sudah ada
ReplyDeletekemungkinan bisa seperti itu mas..tapi ini benar2 membuat saya penasaran..sementara beberapa kawan yang "paham" sering mengatakan bahwa tokoh2 wayang memang hidup di jawa..tapi tentu saja metode mereka tidak akan diterima oleh ranah ilmiah, sementara sejarah jawa khususnya lebih dari sekedar ilmiah karena sudah berhubungan dengan rasa pangroso..hahaha..menurut saya..
ReplyDeletebetul mas ,, saya pernah dengar semua itu hubungannya dengan pangroso ,, karena kalo saya tak salah dengar itu ada kaitannya dengan siklus awal akhir dan itu semua ada selisih 2 alam sebelum alam manusia ,,
Deletemaaf kalo ada yang salah
cerita ramayana dan mahabrata dari india,aku pernah liat di tv,klu kerajaan kediri kan dipimpin jayabaya jd bkn astinapura,liat di antv skrg ada filmnya
ReplyDeleteHastina dgn kediri itu bahasa yg sama mas klu tak salah
Deletebahkan byk acara tv yg bahas sejarah,memang negara kita byk dilatar belakangi oleh budaya negara lain,salah satunya india,seperti cerita ramayana dan mahabrata,lalu bajaj,makanan bersantan pun awalnya dari india yg dikenalkan di sumatera yaitu padang lalu martabak awal dikenalkan di jawa tengah oleh orang india yg menikah dengan orang jawa tengah,makane wong liat gak tau sih di trans 7 tuh kan sumbernya dari ahli sejarah ma budayawan ama on the spot aku pernah liat bahas. semua hal di atas,atau baca buku sejarah
ReplyDeletelah kalo komik mahabarata saya malah pernah baca itu yg nulis RA Kosasih.... komiknya tebel banget kayak kamus, wkwkwkw, kalo di TV emang dari dolo dah ada kalee gan... jaman tahun 90an aj dah ada itu pelem Mahabarata, lha kalo soal asalnya dari mana ane kurang paham juga, tapi kalo dibanding dengan Thailand yang juga punya kebudayaan Hindu, Indonesia jauh lebih dekat dengan gambaran kisah Ramayana dan Mahabarata, nah diluar itu semua tadi ada yang bilang juga kalo bahtera Nabi Nuh AS terbuat dari kayu jati yang katanya juga kayu jati tersebut cuman ada di pulau jawa, nah lho... yg jadi pertanyaannya seberapa tuakah kebudayaan jawa itu sendiri ? karena saya juga tidak mempelajari kebudayaan India jadi ane juga kaga tau, nah silahkan dipikir sendiri ya gan....
ReplyDeleteluccy; sejarah indonesia itu sebenarnya sudah ada di luar ilmu pengetahuan, butuh "usaha" lebih untuk mengetahui kebenaran sejarah indonesia..untuk mahabarata dan ramayana, memang kedua kisah tersebut ditemukan di india, bahkan dalam sejarah sastra klasik, kedua karya sastra tersebut masuk ke dalam sastra epik setingkat beowulf dan illiad, odyssey-nya homer, dan dimasukkan ke dalam sastra india.
ReplyDeletetetapi saya masih curiga kenapa tokoh wayang lebih lengkap jawa daripada india..tetapi makasih atas masukannya..sangat bermanfaat,,
aduh kakangmas Wahyu Handoyo jangan disuruh mikir sendiri dong hehehe..
ReplyDeletesejarah Jawa kebelakang sangat gelap kalau saya pikir. Namun secara umum kita bisa menarik satu skenario Yaitu jaman pra Hindu/Budha-Jaman Hindu/BUdha-Jaman Islam.Jaman Wayang terjadi dan dipopulerkan oleh Wali Songo yang terjadi pada Jaman Islam.Sejarah yang agak jelas dan tertulis terjadi pada Jaman Islam pula. Saya pikir peristiwa dalam pewayangan itu memang tidak terjadi di Tanah Jawa dan mustahil menurut saya. Saya cenderung melihat itu sebagai sarana edukasi bagi masyarakat agar kisah2 yang diambil hikmah dari pewayangan itu tidak terlampau asing dengan menyebut lokasi dan karakter2 lokal.
ReplyDeletebisa jadi seperti itu..
ReplyDeletebisa jadi seperti itu..
ReplyDeleteNumpang lewat gan....menurut saya pribadi,mahabarata dan ramayana bukan dari jawa,,dan kebetulan masyarakat jawa sangat menyukai suatu cerita atau dongeng (termsuk saya sendiri)...untuk penyebaran agama islam, maka ada alur cerita yang diubah,,ada nama tokoh yang ddiganti,,,jadi kira-kira masyarakat yang tadinya beragama hindu, akan dirubah keyakinnannya menjaddi islam, so ditemukanlah kisah jumus kalimasada, kisah seno dan dewa ruci...kira2 seperti itu ha...ha...
ReplyDeletemungkin juga seperti itu..
ReplyDeletetapi menarik ketika menelusuri semua itu..rasanya asyik hehe..
saya, pengamat,
ReplyDeletemenurut pengamatan secara jauh,
cerita wayang, adalah hasil meditasi/cerita turun temurun/ serta tambahan cerita oleh dalang/ pelaku cerita/ memang abat ke 10/11 cerita ini sudah ada.
1, Ramayana/ adalah cerita ( purwa ) (I) dengan jaman versi pertama yang lebih lama atau cerita awal tentang kehancuran sebuah peradapan versi 1 , adapun pelaku utama adalah rama, sinta, rahwana( kiasan) hanoman, sugriwa, subali, dll pengan peristiwa keindahan hasil bumi.
2. Mahabarata adalah cerita (II) dengan jaman kehidupan versi ke dua atau cerita tentang kehancuran sebuah peradapan , adapun pelaku utama adalah kerajaan astina ( kiasan) kerajaan / negara amarta dg latar belakang kekuasaan ,perebutan wilayah dengan pelaku utama : 100 negara melawan 5 negara ( Kiasan ) terjadi di benua india/ pakistan dan Benua jawa / benua atlantic / kota yang hilang. Perang ini telah menggunakan teknology termaju di dunia bahkan lebih maju dari sekarang, dengan menggunakan :
A. Panah pasopati bertenaga nuklir ( sekali rudal Hancur satu kota atau negara )
B. Pasukan Udara ( Gatotkaca ) dengan pesawat tempur bisa mendarat di danau dan laut
C. Dasukan Darat degan pasukan meriam (Gada ) rujak pala pasukan penghancur bangunan ponconoko/ bolduzer
D. Pasukan gerilya brendet, jemparing dan kebal senjata, baju besi dan topi waja
E. Pasukan laut, pembawa nuklir,
F. Pasukan tambahan dari para kaum pemuka agama seperti resi, guru, pendeta dll
G. Pasukan pengintai dengan teknologi video/gps/internate kontrol navigasi satelitte dengan istilah canggihnya ala jawa ( KOCO PAESAN ) ini tercanggih melampaui jaman sekarang.
perang ini berakhir dengan kehancuran semua kota, bahkan terbakar mati masal, bahkan kena tsunami akibat nuklir meledak baik di kota maupun di laut. kota yang terkena akibat perang amarta/ indonesia/ india pakistan mahendjodaro/ iran/ irak/ amerika tengah/ latin/ afrika mesir hampir semua / sri lanka, china/ korea/ jepang intinya (100: 5 ).
3. Banjir Bah/ Bahtera Nuh. hilang peradapan ke 3. sebelum masehi , terjadi di luar negeri / arab/ dan seluruh dunia, hilanglah bekas peradapan sebelumnya kecuali : bangunan yang terbuat dari unsur batu seperti bangunan, piramid candi, bangunan terpendam dalam air/ tanah serta bangunan tinggi diatas gunung,
Jika benar dari negri india kenapa di india nama orang2nya jarang bahakan tidak ada yang bernama seperti tokoh2 cerita tersebut
ReplyDeleteArgumen kaka tidak berdasar kak, jika memang anda pengamat bukan serta merta memvonis zaman seenak nya
DeleteArgumen kaka tidak berdasar kak, jika memang anda pengamat bukan serta merta memvonis zaman seenak nya
DeleteDari segi nama kan sudah berubah mas dari india ke indonesia...
DeleteNih nama asli berdasarkan kitab..
Kresna : jai shree krishna
Bima : bheem
Arjuna : pharta arjun
Sengkuni : Gandaraj Shakuni
Dursasana : dhusyant
Batara Guru : Shiva
Gatotkaca : gatotkach
Durna : Drona Charyan
Setiawati : Satyavati
Nah kalo nama-nama seperti Bimo, Arjuno, Sengkuni, Nakulo sadewo kan hanya penyesuaian untuk lidah orang jawa...
Lucu kagak kalau para dalang bercerita menggunakan nama2 aslinya???
Mahabharata & Ramayana itu pertama diceritakan oleh Sunan kalijaga untuk media penyebaran Islam...
Tapi dasar dari itu kan kedua kitab itu terjadi pada masa pra Hindu kuno yang berlangsung di Peradaban Indus atau Hindustani.
Istana dari kerajaan Hastinapura pun sampai sekarang masih berdiri noh di India ( di kota Uttar Paradesh ) cari di google.
Kerajaan dvaraka pun juga telah ditemukan di dasar laut india..
Lucu juga kan kalau orang india memakai nama2 kuno seperti itu...
Atau lebih gampangnya coba jaman sekarang di indonesia ada anak pakai nama2 kuno seperti : Painem, Tumini, Paijo, Sarmin, Seman, Satiyem, Paimin
Lucu kagak??
😂😂😂
sepengetahuan saya, tempatnya hutan-hutan yang wingit dengan banyak jin didalamnya adalah kondisi hutan-hutan dijawa. di India tidak seberapa banyak hutan-hutan yang rimbun. Apalagi terkenal dalam kisah aji saka tentang legenda jawa yang didalamnya dihuni oleh jin-jin di hutan. sedangkan dalam kisah mahabarata ada cerita ttg bimayang mengalahkan jin/raksasa kemudian menikahi anaknya, arimbi. mungkin berdasar itulah secara emosional kemungkinan mahabarata adalah nenek moyang kita.
ReplyDeleteKalo secara logis sih yg namanya kisah ramayana & mahabharata jika dibuktikan secara historis dan lebih terperinci lg sebenarnya ada kemungkinan di Indonesia, dilihat dari sisi sejarah pulau jawa memang nyata di sini, liat gunung2 di tanah jawa aslinya namanya wayang semua seperti : Ciremay=Indrakila, Muria=Rahtawu, dll begitu juga Majalengka bisa jadi Alengka tempatnya istana Rahwana, bahkan Goa kIskenda juga ada di Yogyakarta yg konon terdapat stalitnya lidah Mahesasura menurut masyarakat sekitar, bener ato nggknya sih kmbali pd diri masing2-lah.
ReplyDeleteRahwana itu berasal dari Alenka setahu saya dan Alenka itu telah ber evolusi menjadi Srilanka 😂
Deleteikut nyimak.. walau masih tanda tanya
ReplyDeleteYg jelas dri nama tokoh2 ny tidak asing mirip2 nama orang jawa. Bima. Werkudoro. Kresna.arjuna. yudistira.
ReplyDeleteKlw nama orang india tidak mirip dg tokoh2 yg dlm cerita ramayana maupun mahabarata.
salah satu bukti adanya hubungan antara masyarakat indonesia dengan orang-orang india pada masa lalu.
ReplyDeletetepat.klo maha barata dari india pasti ada nama sharul khan,pijay+ bajjai hehehe
ReplyDeletehahaha sampean ini bisa saja...
ReplyDeleteMenurut keyakinan saya dan menurut yang pernah saya baca,kisah Mahabarata dan Ramayana hanyalah cerita fiksi dengan setting cerita kehidupan di India pada saat itu.Maaf,kalo saya bilang orang Jawa itu senengnya gothak gathik gathuk,apa-apa dipas-pas-kan atau di-jawa jawa-kan agar terasa pas dan bisa diterima masyarakat luas.Kita akui saja semua apa yang kita terima sekarang hasil impor,agama Hindhu Budha Islam Nasrani semua agama impor,kita tinggal menganut mana yang kita yakini.Saya orang Jawa,dan definisi Kejawen sendiri sangat kompleks tapi secara umum kejawen di mata orang adalah percampuran dari dinamisme,animisme,unsur Hindhu Budha Islam dan Kristen bagi pemeluk Kristen yang kejawen.Kejawen menurut saya sesuatu yang sangat fleksibel,lentur,mudah menerima unsur-unsur luar,toleran dan sangat terbuka.Soal wayang,menurut saya ya kita terima aja kalau setting-nya tanah India,ga perlu lah di gothak gathuk-kan atau di-Jawa-Jawakan seolah-olah terjadi di tanah Jawa.Punakawan menurut saya sebagai upaya memasukkan unsur lokal biar lebih bisa diterima orang Jawa dan menurut saya sah2 saja.Namanya juga fiksi.Barangkali ada pendapat lain?
ReplyDeleteNah sip n setuju...
DeleteTepatnya selalu bersifat Nasionalis...
Maaf tidak sopan
makasih pak bambang komentarnya..
ReplyDeletekelemahan sejarah Indonesia pada umumnya adalah miskin dokumentasi, sementara kitab-kitab atau babad oleh kebanyakan sejarahwan sering dianggap sumber sekunder bahkan sering ditinggalkan..tapi sekali lagi trimakasih pak
Menurut saya tokoh2 dalam pewayangan, adalah tokoh2 yg benar2 pernah ada di indonesi, tapi itu terjadi brp puluh ribu tahun yg lalu sebelum masehi, karena waktu pada saat itu negara kita masih berupa beberapa kerajaan, kalau menurut saya cerita dan tokoh pewayangan bukan dari india, mungkin jaman dulu orang2 india masuk ke dlm bumi nusantara kita yg masih berbentuk kerajaan, dan mereka melihat beberapa tokoh2 kerajaan yg ada di tempat kita, lalu saat mereka pulang ke india,mereka menceritakan apa yg ada di tempat kita kepada anak cucu mereka di india,jika kita lihat film mahabarata, tokoh2 yg ada di film itu berpakaian sprti raja2 jawa dan, jika anda melihat patung dewa shiwa di india, dewa shiwa memakai celana bercorakan batik, asal kita tau sebenarnya bnyak kebudayaan kita yg ditiru bahkan di hak paten oleh negara2 lain, contoh saja musik kroncong, musik kroncong kini sudah di hak paten oleh Turki, kalau masalah kebudayaan, negara kita sebenarnya tdk pernah mengadopsi dari budaya luar, karena indonesia dulu merupakan gabungan dari beberapa kerajaan, yg akhirnya menjadi satu dan terbentuklah menjadi negara Indonesia, maka dari itu indonesia kaya kebudayaan.,kalau masalah agama, agama masuk ke indonesia bisa di bilang blm begitu lama, agama asli di indonesia yg sebenarnya adalah kejawen, bahkan itu di adopsi oleh orang india menjadi agama hindu dan budha, tp sayang pd saat itu mata dunia hanya tertuju di negara timur tengah, yaitu kisah para nabi, jadi kerajaan dan kebudayaan yg hidup di jawa pada masa itu kurang ter exspos...karena prinsip saya yaitu "nek ono jenenge mesti ono wujudte" (Kalau ada namanya pasti ada wujud nya) terima kasih
ReplyDeleteAq setuju atau lebih
DeleteIni aku setuju . Untuk masalah budaya di Indonesia .
DeleteKarna kalau di lihat dari sudut tempat, dan kondisi lingkungan kerajaan2 nya memang lebih tepat nya dari Indonesia.
Menurut saya tokoh2 dalam pewayangan, adalah tokoh2 yg benar2 pernah ada di indonesi, tapi itu terjadi brp puluh ribu tahun yg lalu sebelum masehi, karena waktu pada saat itu negara kita masih berupa beberapa kerajaan, kalau menurut saya cerita dan tokoh pewayangan bukan dari india, mungkin jaman dulu orang2 india masuk ke dlm bumi nusantara kita yg masih berbentuk kerajaan, dan mereka melihat beberapa tokoh2 kerajaan yg ada di tempat kita, lalu saat mereka pulang ke india,mereka menceritakan apa yg ada di tempat kita kepada anak cucu mereka di india,jika kita lihat film mahabarata, tokoh2 yg ada di film itu berpakaian sprti raja2 jawa dan, jika anda melihat patung dewa shiwa di india, dewa shiwa memakai celana bercorakan batik, asal kita tau sebenarnya bnyak kebudayaan kita yg ditiru bahkan di hak paten oleh negara2 lain, contoh saja musik kroncong, musik kroncong kini sudah di hak paten oleh Turki, kalau masalah kebudayaan, negara kita sebenarnya tdk pernah mengadopsi dari budaya luar, karena indonesia dulu merupakan gabungan dari beberapa kerajaan, yg akhirnya menjadi satu dan terbentuklah menjadi negara Indonesia, maka dari itu indonesia kaya kebudayaan.,kalau masalah agama, agama masuk ke indonesia bisa di bilang blm begitu lama, agama asli di indonesia yg sebenarnya adalah kejawen, bahkan itu di adopsi oleh orang india menjadi agama hindu dan budha, tp sayang pd saat itu mata dunia hanya tertuju di negara timur tengah, yaitu kisah para nabi, jadi kerajaan dan kebudayaan yg hidup di jawa pada masa itu kurang ter exspos...karena prinsip saya yaitu "nek ono jenenge mesti ono wujudte" (Kalau ada namanya pasti ada wujud nya) terima kasih
ReplyDeleteKenapa ga tanya sunan kalijaga aja biar jelas hahahah
ReplyDeletecerita ini berasal dari india ....lewat ajisaka saat memasuki tanah jawa ?
ReplyDeletedari ajisaka inilah dia mnjdikan tanah jawa agama hindu ..layak nya dia dakwah untuk agama hindu ,,dengan cara nya ajisaka membawa kisah agama nya lewat pewayangam agar mudah dipahami oleh orang jawa baik dari segi manusia nya maupun jin dari penunggu tanah jawa ini ...
dan hingga mnjdi crta kebudayan sampai sekrang @
bangsa lelembut pun mnyukai certa wayang ini ,hingga sampai sekrangpun mnjdi permintaan /syarat suatu hajatan ...misal pesta laut ...?
psti disitu adat nya tontonan wayang ..
jadi jngn kaget bila ajisakamnggunakan certa ini sebagai jlan damai nya untuk menundukan pnguasa tanah jawa ..
itu komen dari saya ..cek lgi bila ada kesalhan .,saya hnya manusia biasa yb tak luput dari itu @
cerita ini berasal dari india ....lewat ajisaka saat memasuki tanah jawa ?
ReplyDeletedari ajisaka inilah dia mnjdikan tanah jawa agama hindu ..layak nya dia dakwah untuk agama hindu ,,dengan cara nya ajisaka membawa kisah agama nya lewat pewayangam agar mudah dipahami oleh orang jawa baik dari segi manusia nya maupun jin dari penunggu tanah jawa ini ...
dan hingga mnjdi crta kebudayan sampai sekrang @
bangsa lelembut pun mnyukai certa wayang ini ,hingga sampai sekrangpun mnjdi permintaan /syarat suatu hajatan ...misal pesta laut ...?
psti disitu adat nya tontonan wayang ..
jadi jngn kaget bila ajisakamnggunakan certa ini sebagai jlan damai nya untuk menundukan pnguasa tanah jawa ..
itu komen dari saya ..cek lgi bila ada kesalhan .,saya hnya manusia biasa yb tak luput dari itu @
Ramayana & Mahabharata asli Jawa. Kisah itu benar ada. Bangsa India merupakan bangsa sastrawan. Dulu Raja di India mengirim utusan untuk mencatat sejarah yg terjadi di Jawa & jadilah kitab Ramayana & Mahabharata. Astina kerajaanya ada di Kediri. Perang Bharatayuda terjadi di Kedu.
ReplyDeletebagi saya Mahabarata dan Ramayana itu adalah dongeng.....untuk sarana penyampaian ajaran kebaikan dan keburukan....untuk memberikan contoh kepada generasi berikutnya.....
ReplyDeleteberada di Dalam Gua Kiskendo yg begitu besar(blm d tmukan ujung gua) bekas istana kiskendo Mahesasura&lembusora di pegunungan menoreh kulonprogo jogjakarta. Di dlmnya trdapat sungai bwh tanah dan bekas kejadian jmn ramayan antara Rama,subali,sugriwo, mahesasura, lembusora. yg sudah membatu, luangkn waktu ut piknik mnikmati hutan yg sejuk udara yg dingin sekalian wisata religi, napak tilas. Wrga sekitar percaya Ramayana berada di jawa dgn bnyk bukti purba di sekitaran pegunungan menoreh(klu tdk salah selatan c.borobudur), yg akn d ceritakn/dibantu oleh relief ttg ramayana buatan dr pemerintah dstu. Dlunya tpt bertapa raja2 mataram jogja slh satunya HBIX yg gemar di gua kiskendo kt orng2 tua d kampung d kiskendo, jln mnuju tdk ekstream, biaya adm klu tdk slh hby rp.6rb, suasana sepi jrng wisata yg ksni. Hawa d dlm sakral seprti saksi bisu khidupan jawa purba.
ReplyDeleteThis comment has been removed by the author.
ReplyDeleteYg Mau menemukan jawaban nya coba baca kisah cucu dri nabi Adam as yaitu kisah SAYYID ANWAS(yg menuruni para Nabi) dan SAYYID ANWAR(yg menuruni para Raja ditanah jawa)..!!!
ReplyDeleteKlo menurut ane kisah pewayangan itu memang ada dan hidup sperti semar tp mereka bkn dri bangsa manusia entah lbh pantas nya disebut apa..
ReplyDeleteUntuk refrensi mungkin bisa dijadikan pencerahan open link dibawah ini
Set - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
https://id.m.wikipedia.org/wiki/Set
Islam adalah agama tauhid yg sebenar nya sdh ada jauh sebelum penciptaan alam semesta sama seperti Nur nya Nabi Muhammad hanya saja secara kehadiran nya allah menghendaki diturunkan diakhir jaman yaitu nabi Muhammad sebagai pembawa Risalah juga sebagai Khatamul Anbiya(penutup para Nabi)
Sedang kan Penutup para Wali(khatamul auliya) adalah Imam Mahdi atau yg disebut kejawen adlah RATU ADIL/SATRIA PININGIT yg tdk lain adlah keturunan terakhir dri Nabi Muhammad Saw sholawat dan salam selalu tercurah kan kpd beliau beserta keluarga,sahabat,keturunan dan umat nya
Wallahu 'alamubissowab...
Menurut aku, kisah pewayangan itu terjadi di Jawa, yang kemudian dikisahkan di india. Kerajaan Hastina di Kediri, ngamarto di Tulungagung, Dwarawati di Jatinom Klaten, pringgodani di gunung Lawu, mandura di Bangkalan madura. Sedangkan Alengka di kepulauan Nias. Silahkan dicek di lokasi-lokasi tersebut terdapat bukti2 peninggalannya.
ReplyDeleteIstana hastinapura masih berdiri di India pak tepatnya di kota Uttar paradesh... Bukan di kediri
Deleteayo podo eling lan waspodo . banyak telah terjadi kesalahan penulisan sjarah. seng iyo di tutupi sing ora di iyani. perhatikan candi sukuh.ceto dan penataran . perhatikan gunung padang. gunung lalakon dan sadahurip. kembali ke masa lalu. pasti akan terbuka sebenarnya sejarah itu seperti apa dn bagaimana. perhatikan penanggalan / kaalender. peradaban manakah di dunia ini yang memiliki kalender super lengkap dengan mengeksplor alam sedemikian rupa. kalender jawa adalah jawabanya. ja - wa. dua haksara yang tidk aka pernah mati. jawa. bangsa jawa. peradaban jawa. bukan suku jawa. mari belajar
ReplyDeleteayo podo eling lan waspodo . banyak telah terjadi kesalahan penulisan sjarah. seng iyo di tutupi sing ora di iyani. perhatikan candi sukuh.ceto dan penataran . perhatikan gunung padang. gunung lalakon dan sadahurip. kembali ke masa lalu. pasti akan terbuka sebenarnya sejarah itu seperti apa dn bagaimana. perhatikan penanggalan / kaalender. peradaban manakah di dunia ini yang memiliki kalender super lengkap dengan mengeksplor alam sedemikian rupa. kalender jawa adalah jawabanya. ja - wa. dua haksara yang tidk aka pernah mati. jawa. bangsa jawa. peradaban jawa. bukan suku jawa. mari belajar
ReplyDeleteKalo saya lebih yakin kalo tokoh2 wayang hidup di pulau jawa, kenapa saya bisa percaya seperti itu karena di pulau jawa ada bukti2 real seperti situs2 peninggalan candi,tempat2 yg sesuai dengan alur cerita ramayana n mahabarata, situs2 untuk semua tokoh wayang juga ada di jawa, adapun peninggalan wayang yg secara lengkap terukir di sebuah batu yg usianya tua banget, ya semua boleh berpendapat yg beda2 karena yg tau adalah kita sendiri apakah benar kita pernah menyaksikan peninggalan yg nyata secara real atau tidak.
ReplyDeleteJangan cuma dengan n liat dari televisi tapi buktikan secara nyata kalau anda benar2 pernah menyaksikan peninggalan sejarah itu dengan mata kepala anda sendiri.
Itu lebih baik daripada harus berpendapat yg berbeda2 n pada akhirnya yg akan timbul hanya perselisihan.
Haaa... Kediri??
ReplyDeleteHastinapur Ghavinash itu Istananya masih berdiri berdiri loh Di india meskipun telah di pugar total.
Bahkan kerajaan Dvaraka juga ditemukan tuh didasar laut...
Aneh yaa...
Kalo mau pendapat dari Internasional tuh buka Wikipedia. Komplit noh..
Bahkan lokasi dari cerita tersebut kan di india total...
ReplyDeleteSeperti Sungai Yamuna, Sungai Gangga, Gunung Himalaya, Kerajaan Gandara tuh letaknya di afghanistan, Bukit govardan,
Bahkan agama hindu buddha itu kan lahir nya dari India,,,
Ini mengingatkan peristiwa Bhagwad Gheeta yang melibatkan Sang Pharta Arjun dan Jai Shree Krishna.
Dari segi nama pun sampai indonesia kan sudah berubah juga..
Lupa yaa
Biasa aja kali .. ngotot amat
DeleteThis comment has been removed by the author.
DeleteKeluar dari semua itu, kita tilik dari kata "wayang" dari bahasa jawa arti wayang adalah gambar, bisa disimpulkan semua itu adalah gambaran dari beberapa sifat, tapi saya orang jawa yang tidak easy going saya akan mencari kebenaran tentang asal usul pewayangan, dan saya optimis ini kisah nyata karna terlalu simple jika itu semua disebut hanya gambar.
ReplyDeleteDlu KLO gg salah kan tanah Jawa dan India itu jadi satu dan terjadi bentukan alam maka terpisah .. sedangkan kisah pewayangan itu terjadi di pulau / benua Atlantis yang sekarang hilang ..Coba di lihat kerajaan Sri Kresna yang hilang / tenggelam Dwarawati.. mngkn kali sehari kali gg salah menurut rengkarnasi
ReplyDeleteRasanya ingin kembali kemasa itu, dimana kita bisa tahu kebenarannya dan melihat seperti apa sih kehidupan di tanah jawa ini, tapi semua itu mustahil, dan sejarah ini sulit sekali dipecahkan, karena kita tidak hidup di masa itu,namun yang saya herankan, tentang beberapa kisah setelah kehidupan mahabarata, keturunan pandawa yang bernama parikesit apakah benar prabu parikesit adalah leluhur prabu jayabaya? Dan bagaimana silsilah raja" di jawa ini,,? Mungkin dari silsilah itu bisa menjadi asal usul kerajaan" di jawa, dan menjawab pertanyaan apakah ramayana dan mahabarata adalah benar kisah dari indonesia
ReplyDeleteKisah ramayana,mahabarata ada di indonesia,semar = sabdo palon ahli nujum raja majapahit
ReplyDeleteNyimak
ReplyDeleteYang lebih jelas, fakta nya menurut saya adalah dimana Sungai Gangga sebagai bagian dari sejarah negeri Hastinapura itu letak keberdanya nya ada di India..bukan di jawa
ReplyDeleteyang jelas asli peninggalan jawa juga banyak ga cuma india
ReplyDeletesudah jelas dri para leluhur kita
wikipedia sama leluhur duluan mana lahirnya bro? tinggal pilih mau percaya para leluhur atau cerita di dokumen buatan
https://kokonatsutrrrrrrrrrrrrr.blogspot.co.id/2017/12/nyamuk-suka-sekali-gigit-manusia-ini.html
ReplyDeletehttps://kokonatsutrrrrrrrrrrrrr.blogspot.co.id/2017/12/selain-masih-cinta-ini-5-alasan-kenapa.html
https://kokonatsutrrrrrrrrrrrrr.blogspot.co.id/2017/12/kebakaran-dahsyat-melanda-california-as.html
Taipan Indonesia | Taipan Asia | Bandar Taipan | BandarQ Online
SITUS JUDI KARTU ONLINE EKSKLUSIF UNTUK PARA BOS-BOS
Kami tantang para bos semua yang suka bermain kartu
dengan kemungkinan menang sangat besar.
Dengan minimal Deposit hanya Rp 20.000,-
Cukup Dengan 1 user ID sudah bisa bermain 7 Games.
• AduQ
• BandarQ
• Capsa
• Domino99
• Poker
• Bandarpoker.
• Sakong
Kami juga akan memudahkan anda untuk pembuatan ID dengan registrasi secara gratis.
Untuk proses DEPO & WITHDRAW langsung ditangani oleh
customer service kami yang profesional dan ramah.
NO SYSTEM ROBOT!!! 100 % PLAYER Vs PLAYER
Anda Juga Dapat Memainkannya Via Android / IPhone / IPad
Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami-Online 24jam !!
• FaceBook : @TaipanQQinfo
• WA :+62 813 8217 0873
• BB : D60E4A61
Come & Join Us!!
Lah ngisi judi anjeng ngntod
DeleteKita orang masa kini (sekarang)adalah orang2 yang kalah,siapa yang menang??pelaku sejarah.
ReplyDeletehttp://taipannnewsss.blogspot.com/2018/02/tajir-melintar-ini-fakta-menarik-ibu.html
ReplyDeletehttp://taipannnewsss.blogspot.com/2018/02/telaga-cisoka-danau-berair-biru-yang.html
http://taipannnewsss.blogspot.com/2018/02/bocoran-film-godzilla-vs-king-kong.html
QQTAIPAN .ORG | QQTAIPAN .NET | TAIPANQQ .VEGAS
-KARTU BOLEH BANDING, SERVICE JANGAN TANDING !-
Jangan Menunda Kemenangan Bermain Anda ! Segera Daftarkan User ID nya & Mainkan Kartu Bagusnya.
Dengan minimal Deposit hanya Rp 20.000,-
1 user ID sudah bisa bermain 7 Permainan.
• BandarQ
• AduQ
• Capsa
• Domino99
• Poker
• Bandarpoker.
• Sakong
Kami juga akan memudahkan anda untuk pembuatan ID dengan registrasi secara gratis.
Untuk proses DEPO & WITHDRAW langsung ditangani oleh
customer service kami yang profesional dan ramah.
NO SYSTEM ROBOT!!! 100 % PLAYER Vs PLAYER
Anda Juga Dapat Memainkannya Via Android / IPhone / IPad
Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami-Online 24jam !!
• WA: +62 813 8217 0873
• BB : D60E4A61
• BB : 2B3D83BE
Come & Join Us!
Malah promosi judi si anjeng bgst kau
DeleteKalau dilihat dari filmnya, yang bahkan versi india, pakaian yang dikenakan adalah pakaian adat jawa, yang masih lestari sampai sekarang di jawa.
ReplyDeleteKalau dilihat dari nama2nya, memang ada penyesuaian lidah masing2, namun kedekatan namanya dengan nama jaman sekarang, lebih eksis nama dengan kondisi di jawa. Ya mungkin memang nama jadul di india/jawa, namun di jawa nama2 itu masih exis. (bahkan se'jadul2nya'nya nama semisal 'paimin', sampai sekarangpun masih ada beberapa yg bernama paimin, dan gak usah dipertanyakan, pasti yg namanya paimin itu relatif orang jawa). Nah nama2 jadul di india yang sesuai pewayangan, relatif nyaris tidak ada (semisal ghatotkach, setidaknya nyaris tidak ada orang india yg bernama ghatot, sedangkan di jawa banyak yg bernama gatot (bukan ghatot). Jadi tidak usah dibilang, ghatot kan nama jadul di india. Lah di jawa gatot juga nama jadul, namun masih eksis sampai sekarang, bahkan ada beberapa teman saya yang bernama gatot, atau bahkan rama, sri, bimasakti(eks pemain timnas). Apakah nama2 seperti itu (penyesuaiannya) masih eksis di india? dan kenapa nama2 di pewayangan tidak ada yg berakhiran 'khan'?
Namun berhubung ini turun temurun, sehingga mungkin ada penyesuaian sana sini, namun untuk hal2 yg prinsipil, semuanya justru cenderung mengarah ke budaya jawa. Jadi mungkin bisa dibilang, justru india yg menerapkan cocoklogi nama2nya.
Aslmkum..Numpg lwt..Jawa adalah pulau tertua.. indonesia adalah kepulauan yang sulit untuk di jamah.. kemurnian indonesia tak terbantahkan dunia.. bahasa asli jawa tak di temukan di negara2 lain. Bahasa jawa tidak di pengaruhi oleh bahasa negara lain.. lidah orang jawa mampu menirukan bhsa negara lain dengan fasih.. hitungan tahun dpulau jawa atau penanggalan tidak berselisih jauh dengan tahun hijriyah islam.. berbeda jauh dengan masehi.. namun sejarah pulau jawa mampu mundur lebih jauh seblum masehi.. nusa kambang dan sisa peradaban sgt cukup jd bukti.
ReplyDeleteSejarah penuh misteri sewajibnya kita berngga ht bahwa bangsa kita dulu punya peradaban yg tak terbantahkan hebatnya dlm hal apapun...sejarah nusantara yg patuh kita lestarikan...beradab berbudaya saling menjaga toleransi. .itu yg utama yg di tanamkan para leluhur kita..daan aku yakin dr pandangan batiniah nahwa nusantara merupakan tempat perahdaban itu yg pernah di diami,..makhluk hidup dr manusia,jin,flora,hewan nusantara merupakan cuilan dr surga smua,jaman wayang, kerajaan,penjajahan, kemerdekaan sampai sekarang ,,salam santun
ReplyDeleteKita tunggu saja beberapa tahun lagi, anak anak muda indonesia akan menunjukkan kepada dunia pembuktian pembuktian bahwa bangsa nusantara dahulu adalah bangsa yang paling tua dan paling maju peradabannya, yabg setelah jaman penjajahan portugal,belabda,jepang dan sekutu hingga kini sejarahnya diputarbalikkan.
ReplyDeleteWayang golek sama wayang kulit cerita dalangnya bagus mana dan asli mana
ReplyDeleteWayang golek sama wayang kulit cerita dalangnya bagus mana dan asli mana
ReplyDeletetanyakan ke herman willem daendels ��������
ReplyDeleteUntuk ini sudah fix terjawab untuk saya, satu2nya cara untuk mengetahui jejak kuno hanya dengan cara mendownload energi kekal mereka alias ini hanya para supranatural tertentu yg bisa, dan jawaban saya kisah pewayangan Ramayana maupun Mahabarata adalah asli Nusantara Jawa dan saya sangat kagum ternyata Bima/wekodara itu Ruuarrbiasa. Bagi yg ingin pembuktian silahkan temui saya (sihjiwo1608@gmail.com)
ReplyDeleteApakah betul sampean benar mengetahui sejarah yg sebetulnya dari energi lelembut /supranatural seperti itu? Apakah memang benar dapat dipastikan atau hanya pendapat mereka "yg bisa jadi bahkan juga menyembunyikan"atau keterangan palsu seperti para petapa yg ingin mengetahui rahasia jagad semesta namun ternyata bgaimana nasib mereka?? ,Ini hanya pendapat saya pribadi karna saya percaya bahwa sang gusti allah sek kanjeng nabi Muhammad adalah utusannya
Delete