Sunday, October 27, 2013

Apakah Tokoh-Tokoh Pewayangan Hidup di Tanah Jawa?

Kebudayaan Jawa, sering disebut-sebut sebagai turunan dari kebudayaan yang lebih tua dari India, terutama dari segi kebahasaan, dimana Bahasa Jawa merupakan turunan dari Bahasa Dewanagari yang ada di India. Bahkan bukan hanya Bahasa Jawa, beberapa bahasa di Nusantara juga merupakan turunan dari Bahasa Dewanagari yang sama. Benarkah?
Tentu saja saya tidak mampu menjawab itu. Tetapi mungkin dengan menggunakan objek lain yang masih berhubungan dengan hal itu, kita bisa mengambil kesimpulan mengenai hal ini. India dan Jawa mempunyai persamaan, diantaranya adalah kesamaan adanya tokoh-tokoh besar yang menjadi karakter utama dalam dunia pewayangan. Perbedaannya mungkin dalam penyebutan, seperti tokoh Yudhistira di India yang sering disebut Puntadewa di Jawa, Arjuna yang sama dengan Janaka, Bima yang sama dengan Werkudara, dll. 
Tokoh-tokoh itu dikenal terutama karena dua kisah epos klasik Ramayana dan Mahabarata, yang dikenal sebagai karya sastra dari India. Maka kemudian juga tokoh-tokoh dalam kedua kisah tersebut hidup di India, benarkah? Lantas mengapa tokoh-tokoh dalam karya sastra klasik India lebih dekat secara kultural dengan masyarakat Jawa? Bahkan di India tidak ada Panakawan, sementara di Jawa lebih lengkap dengan adanya Panakawan. 
Lagi-lagi saya harus mengatakan tidak bisa menjawab itu, tetapi dengan pertanyaan tersebut muncul kemungkinan yang bisa jadi mengejutkan kita semua, yaitu bahwa tokoh-tokoh pewayangan yang juga tokoh-tokoh dalam kitab Mahabarata dan Ramayana itu adalah tokoh-tokoh yang pernah hidup di tanah Jawa. Lagi-lagi yang saya gunakan adalah kedekatan emosional dan kedekatan kultural, yang tentu saja tidak akan diterima di dalam metode penelitian ilmiah manapun. Tetapi tentu saja tak masalah, karena tujuan dari tulisan ini adalah membangkitkan rasa penasaran pembaca mengenai sejarah Jawa di masa lalu.
Mari kita tutup tulisan ini dengan pertanyaan, "Apakah mungkin orang India menulis Ramayana dan Mahabarata atas permintaan dari penguasa di Jawa, yaitu tokoh-tokoh pewayangan itu sendiri?"

45 comments:

  1. Salam

    Berbagi Kisah, Informasi dan Foto

    Tentang Indahnya INDONESIA

    www.jelajah-nesia2.blogspot.com

    www.jelajah-nesia.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. Kalau menilik palajaran sejarah, yang menulis ( menterjemahkan ) Kitab Mahabarata adalah Resi Viyasa ( Wiyasa ) pada masa raja Dharmawangsa dari Kerajaan Medang, sedangkan penulis ( menterjemahkan Kitab Kakawin Ramayana adalah Valmiki ( Walmiki ). Dengan adanya kata menterjemahkan, maka jelas bukan aseli Jawa. Terjemahan tersebut dari huruf Palawa bahasa Sanskerta ke dalam huruf dan bahasa Kawi/Jawa kuno. Sekarang cari tahu saja huruf Palawa dan bahasa Sanskerta itu berasal dari mana? Pasti ketemu.

    ReplyDelete
  3. @Mas Antonius Suparjo:
    apakah tidak ada kemungkinan bahwa mereka (bangsa india) adalah juru tulis orang jawa? masalahnya metode penelitian sejarah saat ini kl boleh saya sedikit kritik, terlalu leiden-sentris..

    tapi kl nggak salah huruf Palawa dan bahasa sansekerta juga dipakai oleh salakanegara, tarumanegara, dan kutai, kan?
    maaf kl tulisan ini agak membingungkan, karena masalah ini juga membuat saya bingung..ditunggu komentar2nya yang lain, Mas..makasih..

    ReplyDelete
  4. astino puro / astina pura pusat nya di kediri . ramayana dan mahabarata adalah kisah yg terjadi di jawa dan org india sebagai penulis kisah. untuk tokoh2 pewayangan mmg hidup pada masa itu, kecuali semar....karena semar adalah gambaran sosok iblis, iblis adalah malaikat yg paling kuat hatinya, karena mampu tuk jadi tokoh penggoda manusia.

    ReplyDelete
  5. @Mas Surbiyanto Jufri: Terimakasih informasinya. Tetapi yang belum saya tahu adalah Semar yang panjenengan sebut sbg iblis, jika memang semar adalah iblis kenapa malah dijadikan oleh pamomong bagi pandawa? semar dan anak2nya di sisi pandawa, dan togog serta mbilung di sisi kurawa..mohon penjelasannya, hehehe..
    makasih sudah berkenan mampir dan memberikan tambahan informasi..ditunggu kedatangannya lagi..

    ReplyDelete
  6. Memang susah untuk menjawab pertanyaan mengenai kisah mahabarata dan ramayana apakah ditulis oleh orang India atas perintah penguasa Jawa, dengan asumsi bahwa karya sastra India dekat dengan kultur Jawa dan bahkan di Jawa lebih lengkap. Kalau saya berpendapat bahwa ini hasil akulturasi budaya India dan Jawa. Ketika Mahabarata dan Ramayana diterjemahkan, kerajaan di Indonesia juga sudah mempunyai budaya sendiri, tetapi kebudayaan India bisa diterima masyarakat, dan kemudian terjadi akulturasi budaya India dengan disesuaikan dengan budaya yang sudah ada

    ReplyDelete
  7. kemungkinan bisa seperti itu mas..tapi ini benar2 membuat saya penasaran..sementara beberapa kawan yang "paham" sering mengatakan bahwa tokoh2 wayang memang hidup di jawa..tapi tentu saja metode mereka tidak akan diterima oleh ranah ilmiah, sementara sejarah jawa khususnya lebih dari sekedar ilmiah karena sudah berhubungan dengan rasa pangroso..hahaha..menurut saya..

    ReplyDelete
  8. cerita ramayana dan mahabrata dari india,aku pernah liat di tv,klu kerajaan kediri kan dipimpin jayabaya jd bkn astinapura,liat di antv skrg ada filmnya

    ReplyDelete
  9. bahkan byk acara tv yg bahas sejarah,memang negara kita byk dilatar belakangi oleh budaya negara lain,salah satunya india,seperti cerita ramayana dan mahabrata,lalu bajaj,makanan bersantan pun awalnya dari india yg dikenalkan di sumatera yaitu padang lalu martabak awal dikenalkan di jawa tengah oleh orang india yg menikah dengan orang jawa tengah,makane wong liat gak tau sih di trans 7 tuh kan sumbernya dari ahli sejarah ma budayawan ama on the spot aku pernah liat bahas. semua hal di atas,atau baca buku sejarah

    ReplyDelete
  10. lah kalo komik mahabarata saya malah pernah baca itu yg nulis RA Kosasih.... komiknya tebel banget kayak kamus, wkwkwkw, kalo di TV emang dari dolo dah ada kalee gan... jaman tahun 90an aj dah ada itu pelem Mahabarata, lha kalo soal asalnya dari mana ane kurang paham juga, tapi kalo dibanding dengan Thailand yang juga punya kebudayaan Hindu, Indonesia jauh lebih dekat dengan gambaran kisah Ramayana dan Mahabarata, nah diluar itu semua tadi ada yang bilang juga kalo bahtera Nabi Nuh AS terbuat dari kayu jati yang katanya juga kayu jati tersebut cuman ada di pulau jawa, nah lho... yg jadi pertanyaannya seberapa tuakah kebudayaan jawa itu sendiri ? karena saya juga tidak mempelajari kebudayaan India jadi ane juga kaga tau, nah silahkan dipikir sendiri ya gan....

    ReplyDelete
  11. luccy; sejarah indonesia itu sebenarnya sudah ada di luar ilmu pengetahuan, butuh "usaha" lebih untuk mengetahui kebenaran sejarah indonesia..untuk mahabarata dan ramayana, memang kedua kisah tersebut ditemukan di india, bahkan dalam sejarah sastra klasik, kedua karya sastra tersebut masuk ke dalam sastra epik setingkat beowulf dan illiad, odyssey-nya homer, dan dimasukkan ke dalam sastra india.
    tetapi saya masih curiga kenapa tokoh wayang lebih lengkap jawa daripada india..tetapi makasih atas masukannya..sangat bermanfaat,,

    ReplyDelete
  12. aduh kakangmas Wahyu Handoyo jangan disuruh mikir sendiri dong hehehe..

    ReplyDelete
  13. sejarah Jawa kebelakang sangat gelap kalau saya pikir. Namun secara umum kita bisa menarik satu skenario Yaitu jaman pra Hindu/Budha-Jaman Hindu/BUdha-Jaman Islam.Jaman Wayang terjadi dan dipopulerkan oleh Wali Songo yang terjadi pada Jaman Islam.Sejarah yang agak jelas dan tertulis terjadi pada Jaman Islam pula. Saya pikir peristiwa dalam pewayangan itu memang tidak terjadi di Tanah Jawa dan mustahil menurut saya. Saya cenderung melihat itu sebagai sarana edukasi bagi masyarakat agar kisah2 yang diambil hikmah dari pewayangan itu tidak terlampau asing dengan menyebut lokasi dan karakter2 lokal.

    ReplyDelete
  14. Numpang lewat gan....menurut saya pribadi,mahabarata dan ramayana bukan dari jawa,,dan kebetulan masyarakat jawa sangat menyukai suatu cerita atau dongeng (termsuk saya sendiri)...untuk penyebaran agama islam, maka ada alur cerita yang diubah,,ada nama tokoh yang ddiganti,,,jadi kira-kira masyarakat yang tadinya beragama hindu, akan dirubah keyakinnannya menjaddi islam, so ditemukanlah kisah jumus kalimasada, kisah seno dan dewa ruci...kira2 seperti itu ha...ha...

    ReplyDelete
  15. mungkin juga seperti itu..
    tapi menarik ketika menelusuri semua itu..rasanya asyik hehe..

    ReplyDelete
  16. saya, pengamat,
    menurut pengamatan secara jauh,
    cerita wayang, adalah hasil meditasi/cerita turun temurun/ serta tambahan cerita oleh dalang/ pelaku cerita/ memang abat ke 10/11 cerita ini sudah ada.

    1, Ramayana/ adalah cerita ( purwa ) (I) dengan jaman versi pertama yang lebih lama atau cerita awal tentang kehancuran sebuah peradapan versi 1 , adapun pelaku utama adalah rama, sinta, rahwana( kiasan) hanoman, sugriwa, subali, dll pengan peristiwa keindahan hasil bumi.

    2. Mahabarata adalah cerita (II) dengan jaman kehidupan versi ke dua atau cerita tentang kehancuran sebuah peradapan , adapun pelaku utama adalah kerajaan astina ( kiasan) kerajaan / negara amarta dg latar belakang kekuasaan ,perebutan wilayah dengan pelaku utama : 100 negara melawan 5 negara ( Kiasan ) terjadi di benua india/ pakistan dan Benua jawa / benua atlantic / kota yang hilang. Perang ini telah menggunakan teknology termaju di dunia bahkan lebih maju dari sekarang, dengan menggunakan :
    A. Panah pasopati bertenaga nuklir ( sekali rudal Hancur satu kota atau negara )
    B. Pasukan Udara ( Gatotkaca ) dengan pesawat tempur bisa mendarat di danau dan laut
    C. Dasukan Darat degan pasukan meriam (Gada ) rujak pala pasukan penghancur bangunan ponconoko/ bolduzer
    D. Pasukan gerilya brendet, jemparing dan kebal senjata, baju besi dan topi waja
    E. Pasukan laut, pembawa nuklir,
    F. Pasukan tambahan dari para kaum pemuka agama seperti resi, guru, pendeta dll
    G. Pasukan pengintai dengan teknologi video/gps/internate kontrol navigasi satelitte dengan istilah canggihnya ala jawa ( KOCO PAESAN ) ini tercanggih melampaui jaman sekarang.

    perang ini berakhir dengan kehancuran semua kota, bahkan terbakar mati masal, bahkan kena tsunami akibat nuklir meledak baik di kota maupun di laut. kota yang terkena akibat perang amarta/ indonesia/ india pakistan mahendjodaro/ iran/ irak/ amerika tengah/ latin/ afrika mesir hampir semua / sri lanka, china/ korea/ jepang intinya (100: 5 ).

    3. Banjir Bah/ Bahtera Nuh. hilang peradapan ke 3. sebelum masehi , terjadi di luar negeri / arab/ dan seluruh dunia, hilanglah bekas peradapan sebelumnya kecuali : bangunan yang terbuat dari unsur batu seperti bangunan, piramid candi, bangunan terpendam dalam air/ tanah serta bangunan tinggi diatas gunung,

    ReplyDelete
  17. Jika benar dari negri india kenapa di india nama orang2nya jarang bahakan tidak ada yang bernama seperti tokoh2 cerita tersebut

    ReplyDelete
    Replies
    1. Argumen kaka tidak berdasar kak, jika memang anda pengamat bukan serta merta memvonis zaman seenak nya

      Delete
    2. Argumen kaka tidak berdasar kak, jika memang anda pengamat bukan serta merta memvonis zaman seenak nya

      Delete
  18. sepengetahuan saya, tempatnya hutan-hutan yang wingit dengan banyak jin didalamnya adalah kondisi hutan-hutan dijawa. di India tidak seberapa banyak hutan-hutan yang rimbun. Apalagi terkenal dalam kisah aji saka tentang legenda jawa yang didalamnya dihuni oleh jin-jin di hutan. sedangkan dalam kisah mahabarata ada cerita ttg bimayang mengalahkan jin/raksasa kemudian menikahi anaknya, arimbi. mungkin berdasar itulah secara emosional kemungkinan mahabarata adalah nenek moyang kita.

    ReplyDelete
  19. Kalo secara logis sih yg namanya kisah ramayana & mahabharata jika dibuktikan secara historis dan lebih terperinci lg sebenarnya ada kemungkinan di Indonesia, dilihat dari sisi sejarah pulau jawa memang nyata di sini, liat gunung2 di tanah jawa aslinya namanya wayang semua seperti : Ciremay=Indrakila, Muria=Rahtawu, dll begitu juga Majalengka bisa jadi Alengka tempatnya istana Rahwana, bahkan Goa kIskenda juga ada di Yogyakarta yg konon terdapat stalitnya lidah Mahesasura menurut masyarakat sekitar, bener ato nggknya sih kmbali pd diri masing2-lah.

    ReplyDelete
  20. ikut nyimak.. walau masih tanda tanya

    ReplyDelete
  21. Yg jelas dri nama tokoh2 ny tidak asing mirip2 nama orang jawa. Bima. Werkudoro. Kresna.arjuna. yudistira.
    Klw nama orang india tidak mirip dg tokoh2 yg dlm cerita ramayana maupun mahabarata.

    ReplyDelete
  22. salah satu bukti adanya hubungan antara masyarakat indonesia dengan orang-orang india pada masa lalu.

    ReplyDelete
  23. tepat.klo maha barata dari india pasti ada nama sharul khan,pijay+ bajjai hehehe

    ReplyDelete
  24. Menurut keyakinan saya dan menurut yang pernah saya baca,kisah Mahabarata dan Ramayana hanyalah cerita fiksi dengan setting cerita kehidupan di India pada saat itu.Maaf,kalo saya bilang orang Jawa itu senengnya gothak gathik gathuk,apa-apa dipas-pas-kan atau di-jawa jawa-kan agar terasa pas dan bisa diterima masyarakat luas.Kita akui saja semua apa yang kita terima sekarang hasil impor,agama Hindhu Budha Islam Nasrani semua agama impor,kita tinggal menganut mana yang kita yakini.Saya orang Jawa,dan definisi Kejawen sendiri sangat kompleks tapi secara umum kejawen di mata orang adalah percampuran dari dinamisme,animisme,unsur Hindhu Budha Islam dan Kristen bagi pemeluk Kristen yang kejawen.Kejawen menurut saya sesuatu yang sangat fleksibel,lentur,mudah menerima unsur-unsur luar,toleran dan sangat terbuka.Soal wayang,menurut saya ya kita terima aja kalau setting-nya tanah India,ga perlu lah di gothak gathuk-kan atau di-Jawa-Jawakan seolah-olah terjadi di tanah Jawa.Punakawan menurut saya sebagai upaya memasukkan unsur lokal biar lebih bisa diterima orang Jawa dan menurut saya sah2 saja.Namanya juga fiksi.Barangkali ada pendapat lain?

    ReplyDelete
  25. makasih pak bambang komentarnya..
    kelemahan sejarah Indonesia pada umumnya adalah miskin dokumentasi, sementara kitab-kitab atau babad oleh kebanyakan sejarahwan sering dianggap sumber sekunder bahkan sering ditinggalkan..tapi sekali lagi trimakasih pak

    ReplyDelete
  26. Menurut saya tokoh2 dalam pewayangan, adalah tokoh2 yg benar2 pernah ada di indonesi, tapi itu terjadi brp puluh ribu tahun yg lalu sebelum masehi, karena waktu pada saat itu negara kita masih berupa beberapa kerajaan, kalau menurut saya cerita dan tokoh pewayangan bukan dari india, mungkin jaman dulu orang2 india masuk ke dlm bumi nusantara kita yg masih berbentuk kerajaan, dan mereka melihat beberapa tokoh2 kerajaan yg ada di tempat kita, lalu saat mereka pulang ke india,mereka menceritakan apa yg ada di tempat kita kepada anak cucu mereka di india,jika kita lihat film mahabarata, tokoh2 yg ada di film itu berpakaian sprti raja2 jawa dan, jika anda melihat patung dewa shiwa di india, dewa shiwa memakai celana bercorakan batik, asal kita tau sebenarnya bnyak kebudayaan kita yg ditiru bahkan di hak paten oleh negara2 lain, contoh saja musik kroncong, musik kroncong kini sudah di hak paten oleh Turki, kalau masalah kebudayaan, negara kita sebenarnya tdk pernah mengadopsi dari budaya luar, karena indonesia dulu merupakan gabungan dari beberapa kerajaan, yg akhirnya menjadi satu dan terbentuklah menjadi negara Indonesia, maka dari itu indonesia kaya kebudayaan.,kalau masalah agama, agama masuk ke indonesia bisa di bilang blm begitu lama, agama asli di indonesia yg sebenarnya adalah kejawen, bahkan itu di adopsi oleh orang india menjadi agama hindu dan budha, tp sayang pd saat itu mata dunia hanya tertuju di negara timur tengah, yaitu kisah para nabi, jadi kerajaan dan kebudayaan yg hidup di jawa pada masa itu kurang ter exspos...karena prinsip saya yaitu "nek ono jenenge mesti ono wujudte" (Kalau ada namanya pasti ada wujud nya) terima kasih

    ReplyDelete
  27. Menurut saya tokoh2 dalam pewayangan, adalah tokoh2 yg benar2 pernah ada di indonesi, tapi itu terjadi brp puluh ribu tahun yg lalu sebelum masehi, karena waktu pada saat itu negara kita masih berupa beberapa kerajaan, kalau menurut saya cerita dan tokoh pewayangan bukan dari india, mungkin jaman dulu orang2 india masuk ke dlm bumi nusantara kita yg masih berbentuk kerajaan, dan mereka melihat beberapa tokoh2 kerajaan yg ada di tempat kita, lalu saat mereka pulang ke india,mereka menceritakan apa yg ada di tempat kita kepada anak cucu mereka di india,jika kita lihat film mahabarata, tokoh2 yg ada di film itu berpakaian sprti raja2 jawa dan, jika anda melihat patung dewa shiwa di india, dewa shiwa memakai celana bercorakan batik, asal kita tau sebenarnya bnyak kebudayaan kita yg ditiru bahkan di hak paten oleh negara2 lain, contoh saja musik kroncong, musik kroncong kini sudah di hak paten oleh Turki, kalau masalah kebudayaan, negara kita sebenarnya tdk pernah mengadopsi dari budaya luar, karena indonesia dulu merupakan gabungan dari beberapa kerajaan, yg akhirnya menjadi satu dan terbentuklah menjadi negara Indonesia, maka dari itu indonesia kaya kebudayaan.,kalau masalah agama, agama masuk ke indonesia bisa di bilang blm begitu lama, agama asli di indonesia yg sebenarnya adalah kejawen, bahkan itu di adopsi oleh orang india menjadi agama hindu dan budha, tp sayang pd saat itu mata dunia hanya tertuju di negara timur tengah, yaitu kisah para nabi, jadi kerajaan dan kebudayaan yg hidup di jawa pada masa itu kurang ter exspos...karena prinsip saya yaitu "nek ono jenenge mesti ono wujudte" (Kalau ada namanya pasti ada wujud nya) terima kasih

    ReplyDelete
  28. Kenapa ga tanya sunan kalijaga aja biar jelas hahahah

    ReplyDelete
  29. cerita ini berasal dari india ....lewat ajisaka saat memasuki tanah jawa ?

    dari ajisaka inilah dia mnjdikan tanah jawa agama hindu ..layak nya dia dakwah untuk agama hindu ,,dengan cara nya ajisaka membawa kisah agama nya lewat pewayangam agar mudah dipahami oleh orang jawa baik dari segi manusia nya maupun jin dari penunggu tanah jawa ini ...

    dan hingga mnjdi crta kebudayan sampai sekrang @

    bangsa lelembut pun mnyukai certa wayang ini ,hingga sampai sekrangpun mnjdi permintaan /syarat suatu hajatan ...misal pesta laut ...?
    psti disitu adat nya tontonan wayang ..

    jadi jngn kaget bila ajisakamnggunakan certa ini sebagai jlan damai nya untuk menundukan pnguasa tanah jawa ..

    itu komen dari saya ..cek lgi bila ada kesalhan .,saya hnya manusia biasa yb tak luput dari itu @

    ReplyDelete
  30. cerita ini berasal dari india ....lewat ajisaka saat memasuki tanah jawa ?

    dari ajisaka inilah dia mnjdikan tanah jawa agama hindu ..layak nya dia dakwah untuk agama hindu ,,dengan cara nya ajisaka membawa kisah agama nya lewat pewayangam agar mudah dipahami oleh orang jawa baik dari segi manusia nya maupun jin dari penunggu tanah jawa ini ...

    dan hingga mnjdi crta kebudayan sampai sekrang @

    bangsa lelembut pun mnyukai certa wayang ini ,hingga sampai sekrangpun mnjdi permintaan /syarat suatu hajatan ...misal pesta laut ...?
    psti disitu adat nya tontonan wayang ..

    jadi jngn kaget bila ajisakamnggunakan certa ini sebagai jlan damai nya untuk menundukan pnguasa tanah jawa ..

    itu komen dari saya ..cek lgi bila ada kesalhan .,saya hnya manusia biasa yb tak luput dari itu @

    ReplyDelete
  31. Ramayana & Mahabharata asli Jawa. Kisah itu benar ada. Bangsa India merupakan bangsa sastrawan. Dulu Raja di India mengirim utusan untuk mencatat sejarah yg terjadi di Jawa & jadilah kitab Ramayana & Mahabharata. Astina kerajaanya ada di Kediri. Perang Bharatayuda terjadi di Kedu.

    ReplyDelete
  32. bagi saya Mahabarata dan Ramayana itu adalah dongeng.....untuk sarana penyampaian ajaran kebaikan dan keburukan....untuk memberikan contoh kepada generasi berikutnya.....

    ReplyDelete
  33. berada di Dalam Gua Kiskendo yg begitu besar(blm d tmukan ujung gua) bekas istana kiskendo Mahesasura&lembusora di pegunungan menoreh kulonprogo jogjakarta. Di dlmnya trdapat sungai bwh tanah dan bekas kejadian jmn ramayan antara Rama,subali,sugriwo, mahesasura, lembusora. yg sudah membatu, luangkn waktu ut piknik mnikmati hutan yg sejuk udara yg dingin sekalian wisata religi, napak tilas. Wrga sekitar percaya Ramayana berada di jawa dgn bnyk bukti purba di sekitaran pegunungan menoreh(klu tdk salah selatan c.borobudur), yg akn d ceritakn/dibantu oleh relief ttg ramayana buatan dr pemerintah dstu. Dlunya tpt bertapa raja2 mataram jogja slh satunya HBIX yg gemar di gua kiskendo kt orng2 tua d kampung d kiskendo, jln mnuju tdk ekstream, biaya adm klu tdk slh hby rp.6rb, suasana sepi jrng wisata yg ksni. Hawa d dlm sakral seprti saksi bisu khidupan jawa purba.

    ReplyDelete
  34. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  35. Yg Mau menemukan jawaban nya coba baca kisah cucu dri nabi Adam as yaitu kisah SAYYID ANWAS(yg menuruni para Nabi) dan SAYYID ANWAR(yg menuruni para Raja ditanah jawa)..!!!

    ReplyDelete
  36. Klo menurut ane kisah pewayangan itu memang ada dan hidup sperti semar tp mereka bkn dri bangsa manusia entah lbh pantas nya disebut apa..
    Untuk refrensi mungkin bisa dijadikan pencerahan open link dibawah ini

    Set - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
    https://id.m.wikipedia.org/wiki/Set

    Islam adalah agama tauhid yg sebenar nya sdh ada jauh sebelum penciptaan alam semesta sama seperti Nur nya Nabi Muhammad hanya saja secara kehadiran nya allah menghendaki diturunkan diakhir jaman yaitu nabi Muhammad sebagai pembawa Risalah juga sebagai Khatamul Anbiya(penutup para Nabi)
    Sedang kan Penutup para Wali(khatamul auliya) adalah Imam Mahdi atau yg disebut kejawen adlah RATU ADIL/SATRIA PININGIT yg tdk lain adlah keturunan terakhir dri Nabi Muhammad Saw sholawat dan salam selalu tercurah kan kpd beliau beserta keluarga,sahabat,keturunan dan umat nya

    Wallahu 'alamubissowab...

    ReplyDelete
  37. Menurut aku, kisah pewayangan itu terjadi di Jawa, yang kemudian dikisahkan di india. Kerajaan Hastina di Kediri, ngamarto di Tulungagung, Dwarawati di Jatinom Klaten, pringgodani di gunung Lawu, mandura di Bangkalan madura. Sedangkan Alengka di kepulauan Nias. Silahkan dicek di lokasi-lokasi tersebut terdapat bukti2 peninggalannya.

    ReplyDelete
  38. ayo podo eling lan waspodo . banyak telah terjadi kesalahan penulisan sjarah. seng iyo di tutupi sing ora di iyani. perhatikan candi sukuh.ceto dan penataran . perhatikan gunung padang. gunung lalakon dan sadahurip. kembali ke masa lalu. pasti akan terbuka sebenarnya sejarah itu seperti apa dn bagaimana. perhatikan penanggalan / kaalender. peradaban manakah di dunia ini yang memiliki kalender super lengkap dengan mengeksplor alam sedemikian rupa. kalender jawa adalah jawabanya. ja - wa. dua haksara yang tidk aka pernah mati. jawa. bangsa jawa. peradaban jawa. bukan suku jawa. mari belajar

    ReplyDelete
  39. ayo podo eling lan waspodo . banyak telah terjadi kesalahan penulisan sjarah. seng iyo di tutupi sing ora di iyani. perhatikan candi sukuh.ceto dan penataran . perhatikan gunung padang. gunung lalakon dan sadahurip. kembali ke masa lalu. pasti akan terbuka sebenarnya sejarah itu seperti apa dn bagaimana. perhatikan penanggalan / kaalender. peradaban manakah di dunia ini yang memiliki kalender super lengkap dengan mengeksplor alam sedemikian rupa. kalender jawa adalah jawabanya. ja - wa. dua haksara yang tidk aka pernah mati. jawa. bangsa jawa. peradaban jawa. bukan suku jawa. mari belajar

    ReplyDelete
  40. Kalo saya lebih yakin kalo tokoh2 wayang hidup di pulau jawa, kenapa saya bisa percaya seperti itu karena di pulau jawa ada bukti2 real seperti situs2 peninggalan candi,tempat2 yg sesuai dengan alur cerita ramayana n mahabarata, situs2 untuk semua tokoh wayang juga ada di jawa, adapun peninggalan wayang yg secara lengkap terukir di sebuah batu yg usianya tua banget, ya semua boleh berpendapat yg beda2 karena yg tau adalah kita sendiri apakah benar kita pernah menyaksikan peninggalan yg nyata secara real atau tidak.
    Jangan cuma dengan n liat dari televisi tapi buktikan secara nyata kalau anda benar2 pernah menyaksikan peninggalan sejarah itu dengan mata kepala anda sendiri.
    Itu lebih baik daripada harus berpendapat yg berbeda2 n pada akhirnya yg akan timbul hanya perselisihan.

    ReplyDelete

 

Copyright © nglengkong Design by O Pregador | Blogger Theme by Blogger Template de luxo | Powered by Blogger