Thursday, June 7, 2012

Perawatan Tubuh Ala Putri Kraton

Kecantikan ala Putri Kraton boleh dibilang menjadi impian setiap wanita. Kecantikan alami yang terpancar seolah-olah mampu memberikan “sesuatu” yang tidak bisa dibuat dengan ramuan (baca: make up) modern yang membanjiri pasaran. Rumah-rumah kecantikan pun melihat peluang ini dan kemudian membuka program perawatan ala Putri Kraton. Namun tentu saja perawatan metode tersebut membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Bagi kalangan berpunya mungkin tidak masalah, namun bagi masyarakat yang masih menempatkan perawatan secara rutin di rumah-rumah kecantikan sebagai kebutuhan yang kesekian, mungkin hal itu menjadi cukup memberatkan.
Perawatan tubuh ala Putri Kraton sebenarnya merupakan relaksasi yang mencakup seluruh indra yang ada di tubuh. Indra-indra tersebut “diistirahatkan” dari aktivitas-aktivitas yang dilakukan sehari-hari. Maka, untuk melakukan perawatan tubuh ala Putri Kraton sebenarnya bukan hal yang sulit, karena jika telah mengetahui kuncinya, perawatan tubuh ala Putri Kraton bisa dilakukan di rumah.
Untuk mempermudah, langkah-langkah di bawah ini mungkin bisa membantu. Ulasan ini diambil dari sebuah artikel di Harian Tribun Jogja, dengan perubahan-perubahan yang disesuaikan.
1.       Asmaraswara
Merupakan tahapan pertama, dimana pada tahap ini diawali dengan siraman, dengan air rendaman bunga sedap malam, atau bunga-bunga yang biasanya digunakan dalam tradisi siraman. Saat siraman ini dilakukan, secara bersamaan pula gendhing-gendhing klasik diperdengarkan untuk memberi relaksasi pada indra pendengaran. Gendhing-gendhing jawa klasik konon mampu membuat pikiran rileks, maka alunan gendhing jawa lebih menenangkan daripada musik klasik dari barat.
2.       Asmarasutra
Setelah selesai siraman, balut tubuh dengan kain sutra yang telah didinginkan di dalam wadah yang terbuat dari tanah. Kain sutra yang lembut akan memanjakan indra peraba. Langkah selanjutnya untuk memberi kenyaman pada indra peraba, adalah dengan melakukan pijatan relaksasi atau dioles dengan minyak aromaterapi.
3.       Asmaraarum
Parutan kelapa biasanya hanya digunakan untuk memasak atau menjadi pemanis kue-kue tradisional. Tetapi parutan kelapa dapat digunakan sebagai krim untuk mengangkat sel kulit-kulit mati hingga menghilangkan bau badan. Pada tahap ini, gunakan wewangian tradisional untuk memberi kenyamanan pada indra penciuman. Dupa ratus, bunga melati, atau bagi yang suka dengan aroma kemenyan juga bisa dipakai untuk membuat ruangan menjadi wangi.
4.       Asmarawara
Yang terakhir, jangan sampai melupakan untuk meminum ramuan yang telah diolah khusus untuk memaksimalkan proses dari dalam tubuh. Jamu, tidak bisa dipisahkan dari tradisi jawa, baik di Kraton maupun di luar tembok Kraton. Jamu telah diakui secara luas mempunyai khasiat yang bermacam-macam dan tidak mempunyai efek samping. Tahap ini adalah untuk memberi kenikmatan pada indra pencecap.

5 comments:

  1. semoga bermanfaat bagi para wanita, khususnya yang ingin jadi seperti putri keraton. kalau saya, cukup mandi dua kali sehari, hidup sehat dan positif saja, ngirit.
    hihiiii.. :P

    ReplyDelete
  2. wahaha ribet yo om.. aq nek adus cuma 2 kata Gebyar & Gebyur :D

    ReplyDelete
  3. @Asti: yoembuh sesok..fufufu

    @hermawan: gari medun njuk ngadeg neng grojogan wae nek kw..hahaha

    ReplyDelete
  4. pengen dapat putri keraton.. susaah yaa.. :)

    ReplyDelete
  5. @oanduan membuat blog:
    hehehe mungkin sulit..trims udah mampir..

    ReplyDelete

 

Copyright © nglengkong Design by O Pregador | Blogger Theme by Blogger Template de luxo | Powered by Blogger