Tuesday, February 19, 2013

Makna Simbolisasi Tumpeng

Masyarakat Jawa sangat mengenal tumpeng sebagai salah satu ubarampe atau media yang digunakan dalam berbagai keperluan, misalnya sebagai sesaji. Tumpeng yang secara umum dikenal dengan bentuk kerucut, dengan berbagai aneka makanan di sekelilingnya, ternyata bukan sembarang makanan yang hanya bagus dalam penampilannya. Banyak makna yang terkandung di dalamnya, yang bisa dijadikan sebagai refleksi bagi para pembuatnya yaitu manusia. 
Pertama, bentuk kerucut seperti itu bukan tanpa tujuan. Bentuk-bentuk seperti kerucut, piramid, kubah, atau stupa merupakan bentuk-bentuk bangunan yang bisa menangkap energi alam dengan sempurna, itulah mengapa bangunan-bangunan masa lalu atau bangunan tempat ibadah menggunakan bentuk-bentuk seperti itu. Kerucut, yang lebar di bagian bawah kemudian meruncing pada puncaknya mirip seperti gunung, salah satu tempat yang keramat bagi masyarakat Jawa. 
Kemudian, aneka makanan di sekeliling tumpeng yang sering disebut jajanan pasar, merupakan simbolisasi bahwa manusia hidup akan mengalami berbagai peristiwa baik manis, pahit, pedas, ataupun yang lain-lainnya, tetapi semua peristiwa itu membawa manusia kepada puncak tumpeng, yaitu Tuhan Yang Maha Esa.
Yang terakhir adalah, nama "tumpeng" sendiri merupakan salah satu ragam bahasa jawa yang disebut jarwo dhosok, yang artinya "Tumindak Lempeng" atau perbuatan terpuji. Ketika manusia mampu menguasai peristiwa manis getir kehidupan, maka itu merupakan sebuah langkah untuk menuju puncak, yang harus didaki dengan tumindak lempeng, atau perbuatan-perbuatan yang terpuji. Baik secara fisik maupun mental.
Itulah mengapa masyarakat Jawa masih sering menggunakan tumpeng ketika memperingati momen yang dianggap penting, seperti ulang tahun. Dengan mengetahui makna tumpeng, diharapkan nantinya manusia akan lebih berusaha untuk berbuat terpuji untuk mencapai puncak tumpeng, atau menuju Tuhan Yang Maha Esa.

5 comments:

  1. Tumpeng = Tumuju marang Pengeran

    ReplyDelete
  2. ya, tumindak lempeng untuk tumuju marang pengeran

    ReplyDelete
  3. Jajanan pasar kwi nunjuke yen manungso seneng jajan...

    ReplyDelete
  4. Jajanan pasar kwi nunjuke yen manungso seneng jajan...

    ReplyDelete

 

Copyright © nglengkong Design by O Pregador | Blogger Theme by Blogger Template de luxo | Powered by Blogger