Monday, May 27, 2013

Mei 2013: 7 Tahun Gempa Yogyakarta

27 Mei 2006, sekitar pukul 05:53 bumi Yogyakarta dan sebagian Jawa Tengah berguncang hebat, seolah menandai akhir dari sesuatu - atau mungkin bahkan kelahiran sesuatu. Sang Hyang Antaboga - Naga yang menyangga dunia dalam dunia pewayangan - sedang menggeliat, kata simbah-simbah dulu tentang gempa bumi. Dan mungkin hari itu Sang Naga begitu keras menggeliat.
Hari itu sebuah peradaban di sudut dunia seolah padam, karena setelah itu beberapa hal harus dilakukan oleh yang berwenang; mematikan sumber listrik. Maka malam harinya, jadilah kegelapan disertai gerimis dan guncangan-guncangan kecil - mungkin Sang Naga masih mencari tempat dan posisi yang pas, sebelum ia menggeliat kembali suatu saat nanti.
Banyak cerita dan peristiwa yang kemudian muncul, dari kisah-kisah pahit hingga kisah-kisah yang menggetarkan hati, tentang kehilangan sesuatu yang berharga meskipun beberapa dari mereka justru mencapai tingkat keimanan yang lebih tinggi daripada sebelumnya. Dan kisah-kisah itu akan menjadi sebuah cuilan dari rangkaian kisah yang lebih besar kelak, di sebuah sudut bumi Nusantara.

"Kepada beribu-ribu jiwa yang hilang, semoga kalian mendapat tempat yang layak di dunia seberang. Dengan ijin Allah SWT, kami akan berusaha membuat tanah ini lebih baik."

0 comments:

Post a Comment

 

Copyright © nglengkong Design by O Pregador | Blogger Theme by Blogger Template de luxo | Powered by Blogger