Monday, July 15, 2013

Sejarah Gua Pindul Gunung Kidul Yogyakarta

Sebagai salah satu obyek wisata, Gua Pindul memang menawarkan pemandangan yang eksotik. Mungkin itulah salah satu faktor mengapa Gua Pindul ini menjadi populer di kalangan para pecinta wisata susur gua. Tetapi mungkin belum banyak wisatawan yang tahu mengenai sejarah Gua Pindul, serta sebuah mata air atau mbelik yang ada di kompleks gua, yang oleh warga sekitar disebut sebagai mBelik Panguripan (Mata Air Kehidupan). Mengapa bisa disebut Mbelik Panguripan, ternyata berkaitan dengan leluhur dan legenda wilayah tersebut.

Semuanya berawal dari seorang tokoh bernama Kyai Jaluwesi yang berkonflik dengan raksasa bernama Bendhogrowong. Keduanya terlibat adu kesaktian, dengan keunggulan pada Kyai Jaluwesi. Raksasa itu kemudian mengeluarkan aji-ajinya karena merasa terdesak. Sayangnya aji-aji tersebut meleset dan mengenai seekor anjing peliharaan Widodo dan Widadi, anak kembar Kyai Jaluwesi. Anjing yang bernama Sona Langking itu cedera parah dan berlari tak karuan menuju sebuah sumber air yang ada di balik semak-semak. Kyai Jaluwesi yang mengikuti arah lari Sona Langking kaget ketika mendapat anjingnya telah pulih dari cedera parah akibat aji-aji sang raksasa.
Melihat hal itu, Kyai Jaluwesi kemudian menamai sumber air itu sebagai Mbelik Panguripan, karena mampu menyembuhkan luka parah yang diderita anjingnya. Beberapa lama setelah peristiwa itu, muncul sepasang pria dan wanita bernama Kyai dan Nyai Sejati yang ingin menguasai tanah di sekitar Gunung Bang. Mereka meminta kepada Kyai Jaluwesi untuk pindah dari tempat itu, dan Kyai Jaluwesi menyanggupinya. Meski begitu Kyai Jaluwesi menginginkan sebuah syarat, yaitu setelah kepindahannya masyarakat Gunung Bang harus mengadakan acara bersih lepen (sungai), penari ledhek (tayub), pada hari Senin Paing setiap tahun sekali. Kemudian Kyai Jaluwesi pindah ke daerah Gua Pindul, hingga moksa dan diyakini menjadi penunggu di Gua Pindul dan Mbelik Panguripan.

Tentu saja legenda tidak bisa dipercaya keakuratannya seratus persen, tetapi pembaca yang baik seharusnya mampu menangkap apa yang ada di balik tiap legenda, bukan malah menganggapnya mistis, ataupun tidak masuk akal. Gua Pindul yang saat ini sedang menjadi primadona wisata susur gua atau cave adventure memang menarik dan menawarkan sensasi yang berbeda dengan wisata-wisata yang sudah umum di Yogyakarta. Tempat ini akan sangat sesuai untuk mengisi waktu liburan ataupun akhir pekan.

15 comments:

  1. wahh mas, seru banget deh wisata di jogja nih.
    saya sudah pernah main ke tempat wisata gua pindul, dan seru banget..

    ReplyDelete
  2. hehehe..mungkin yang ini bisa juga dicoba..

    http://nglengkong.blogspot.com/2012/12/alternative-tourism-objects-in.html

    ReplyDelete
  3. Salam

    Berbagi Kisah, Informasi dan Foto

    Tentang Indahnya INDONESIA

    www.jelajah-nesia.blogspot.com

    ReplyDelete
  4. kapan2 aku mampir kalo pulkam
    salam
    maslasno.blogspot.com

    ReplyDelete
  5. @mas lasno..kabarnya gua pindul sudah ditutup mas..

    ReplyDelete
  6. Informasi wisata: Gua Pindul, Pantai Indrayanti..
    Buat yang dari arah solo.. Kami pandu anda dalam perjalanan..
    TOKO MOJOREJO - MOJOREJO MOTOR - MOJOREJO GROSIR SNACK
    Jl. Raya Watukelir – Semin Km.3 Alascilik (Pule)
    Tegalgiri, Krajan, Weru, Sukoharjo (Timur Jalan)
    (600 meter utara Batas Propinsi DIY Pasar Candirejo-Semin)
    Buka sampai malam.. Hari Besar & Minggu tetap buka..
    Hubungi: 085-628-444-56 / 085-227-623-449
    Rest Area Jalur Wisata Solo – Pantai Indrayanti, Pantai Baron ...

    ANEKA JAJAN & OLEH-OLEH GROSIR & ECERAN ...
    (Singkong bakar, tempe kripik, gadung, stik balado, cumi sayur, lipetan, kripik singkong, manggar pedas, makroni, potato stik, kembang jambu, kacang, dll..)

    Rp.65.000,- Ban Murah – Berkualitas – Made In Indonesia
    Siap service motor anda agar perjalanan lancar…
    Kami juga sediakan untuk anda aneka macam olie komplit..

    Kami sediakan untuk anda segala kebutuhan perkantoran & accesories perlengkapan sekolah, jam tangan gaul, kalkulator, perlengkapan pramuka, FOTOKOPI DIGITAL..
    PRINT DENGAN MESIN FOTOKOPI LEBIH MURAH & CEPAT..

    ReplyDelete
  7. Makasih gan udah share , blog ini sangat bermanfaat sekali .............




    bisnistiket.co.id

    ReplyDelete
  8. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  9. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  10. Terimkasih mas, ceritanya menarik. semoga bermanfaat untuk banyak orang.

    ReplyDelete
  11. Terimakasih sudah berbagi informasi tentang wisata Goa pindul, kami tunggu kunjungannya kembali....

    ReplyDelete
  12. Goa pindul emang keren banget deh
    semoga pariwisata Indonesia makin maju

    ReplyDelete
  13. Gunung kidul memang hebat, selain daerah karst ternyata jg bnyak wisata goa goa yg sepenuhnya blm bsa terkuak dan penuh misteri.
    Salut dgn gunung kidul !!

    ReplyDelete

 

Copyright © nglengkong Design by O Pregador | Blogger Theme by Blogger Template de luxo | Powered by Blogger