Thursday, December 31, 2015

Selamat Tinggal 2015 yang Mengharu Biru, Selamat Datang 2016 yang Penuh Do'a

Menurut tanggalan hari ini adalah tanggal 31 Desember 2015, yang berarti besok adalah tanggal 1 Januari 2016. Tahun baru, kata orang-orang. Berhubung malam tahun baru tahun ini jatuh di hari baik, yaitu malam Jum'at Kliwon, semoga tahun depan segalanya berjalan dengan baik. Tentang resolusi, cukup diri kita sendiri dan Tuhan saja yang tahu.
Tapi sial, rencana pengin nonton acara televisi yang tentunya bakal keren-keren, malah dapet undangan sosialisasi apalah di kampung. Mau gimana lagi, ya harus datang. Memenuhi undangan wajib kan hukumnya. Apalagi demi tempat dimana aku tumbuh besar. Meskipun harus bolos...

Bukan apa-apa, aku mempunyai semacam ritual yang harus dikerjakan pada saat-saat seperti ini. Sebelum waktu melewati tengah malam, aku harus melakukan itu. Ada beberapa yang harus dikerjakan, salah satunya ya ini. Oh ya, jam sengaja aku tulis WIK alias Waktu Indonesia Kamijoro, heuheuheu...

Jadi ingat buku "Indonesia Bagian dari Desa Saya."

11:18 WIK - Masih cukup lama menuju tengah malam. Untungnya masih sempat melakukan ritual meskipun harus bolos. Maaf Pak Lurah, Pak Dukuh, aku harus bolos...

11:23 WIK - Kok kayanya susah ya nulis model ginian...Hmm...

11:25 WIK - Tapi terkait dengan cuaca panas di musim penghujan, kemarin di suatu tempat aku ketemu simbah-simbah. Saat itu aku bersama kawan-kawan sedang beristirahat di bawah pohon talok. Simbah-simbah itu menghampiri dan berbicara panjang x lebar x tinggi. Tahulah orang tua...

Nah, singkat cerita bahwa hujan akan turun lagi setelah ulat-ulat ganas pemangsa daun pohon jati mulai berubah menjadi kepompong, alias "ngungkrung." Nah, itu adalah semacam "ngelmu titen" yang biasanya memang dipahami oleh para orang-orang tua zaman dahulu...

11:31 WIK - Untungnya aku bukan pemangsa segala, jadi ulat-ulat itu aman...

11:34 WIK - Masih lama. Samar-samar terdengar suara musik...

11:39 WIK - "Why do I miss someone I never met, with bated breath I lay? Sea winds brought her to me, a butterfly..."

Ngomong opooo...

11:43 WIK - Hmm...

11:46 WIK - Tetapi tahun 2015 ini benar-benar mengharu biru. Dari inilah, itulah, hingga entahlah..

Dan yang harus aku katakan adalah "I'm not running away, I'm movin' on!"

11:49 WIK - Tapi jangan tanya move on dari apa karena pasti aku ndak akan jawab itu. Terkadang kenangan itu terlihat jelas ketika aku menutup mata, tetapi ndak apa-apa. Bukankah "jangan sekali-kali melupakan sejarah?" Heuheuheuheu...

11:51 WIK - Di timeline Facebook beberapa kawan sudah mengucapkan selamat menempuh hari baru. Aku sih belum, karena aku menggunakan waktu WIK, yang mana mempunyai selisih sekitar lima menit dengan WIB...

"Bukan merayakan, tetapi mensyukuri karena masih diberi kesempatan menikmati tahun yang baru." Tulis seorang teman di Wall-nya...

11:54 WIK - Ao..ndak sengaja menggaruk jerawat di pundak. Ini juga kurang kerjaan, jerawat kok ya sampe pundak. Apa di wajah sudah ndak nyaman; banjir kalau musim hujan, gersang kalau musim kemarau... Atau khawatir akan rusak karena bakal dipencet-pencet sama para maniak selfie? Heuheuheu...

11:57 WIK - Terdengar suara dar der dor...

11:58 WIK - Lapar... Kenapa arem-arem tadi ndak aku bawa pulang saja? Hmm...

12:00 WIK - Semoga segala sesuatu berjalan dengan baik, apa-apa yang kita harapkan di tahun 2016 ini bisa tercapai. Semoga kita bisa mengurangi atau bahkan menghilangkan sifat iri dengki kepada diri kita sendiri, keluarga, tetangga, kawan-kawan, dan para pemimpin kita. Semoga kita bisa memenuhi apa-apa yang menjadi kewajiban kita, kewajiban kepada diri kita sendiri, kepada orang tua, kepada keluarga, kepada sesama manusia, kepada sesama makhluk Tuhan, kepada alam semesta, dan kepada Tuhan Yang Maha Esa..

Selamat berjuang untuk kawan-kawanku semuanya, serta kepada diriku sendiri..

Salam asah asih asuh
Rahayu Rahayu Rahayu...

Kamijoro - 31 Desember 2015 - 1 Januari 2016


0 comments:

Post a Comment

 

Copyright © nglengkong Design by O Pregador | Blogger Theme by Blogger Template de luxo | Powered by Blogger