Thursday, March 8, 2012

Tipe Wanita Ideal Menurut Kamasutra Jawa


Kamasutra dikenal luas merupakan sebuah kitab yang menjelaskan hal-hal yang berkaitan dengan kenikmatan alami manusia. Konon kitab ini ditulis oleh seorang raja di India kuno yang mempunyai kemampuan untuk mencapai kenikmatan tersebut dengan berbagai posisi yang kemudian ia tuliskan dalam kitab Kamasutra ini. Akan tetapi, kebudayaan Jawa juga mencatat tentang kitab Kamasutra dari Jawa. Salah satu isi dari Kamasutra Jawa ini adalah menjelaskan tentang beberapa tipe wanita ideal yang dapat dijadikan istri. Namun seperti sastra jawa pada umumnya, banyak penggunaan simbol-simbol yang memang menjadi karakteristik sastra jawa.
Berikut ini adalah beberapa tipe wanita ideal menurut Kamasutra Jawa:
1.      Kusuma Wicitra
Wanita yang digambarkan seperti bunga yang sedang mekar (kusuma: bunga). Maksudnya adalah, ketika bunga akan mekar, maka ia akan menanti saat yang tepat ketika ia sudah siap lahir batin. Sama dengan wanita, ia akan siap untuk menikah ketika ia telah siap lahir batin. Lahir, telah ia persiapkan dengan matang, sementara batinnya telah ia lengkapi dengan ilmu agama yang menjaganya.
2.      Padma Sari
Padma adalah bunga teratai. Maka disini wanita digambarkan sebagai bunga teratai yang telah mekar di kolam. Bunga teratai kadang merupakan simbol kemesraan, maka wanita Padma sari adalah wanita yang selalu bersikap mesra kepada suaminya (disimbolkan dengan kolam, artinya sesuai pada tempatnya).
3.      Sri Pagulingan
Kata “pagulingan” yang identik dengan peraduan, dimaksudkan bahwa wanita tipe ini adalah wanita yang bersinar yang menunjukkan kecantikan jasmani dan rohaninya, sekalipun sedang berduaan dengan suaminya.
4.      Sri Tumurun
Kata “tumurun” yang berarti turun, bisa dikatakan bahwa wanita tipe ini diibaratkan seperti bidadari yang turun dari langit. Sebutan ini juga bisa sebagai sanepan atau penggambaran bahwa wanita tipe ini adalah wanita yang suka kerja keras, suka membantu sesama, yang dibuktikan dengan “turun” dari tempatnya.
5.      Sesotya Sinangling
Wanita tipe ini adalah wanita yang dapat menjadi perhiasan (sesotya) lahir maupun batin bagi suaminya. Jika disesuaikan dengan dunia modern, maka akan memperoleh ungkapan, “di balik pria hebat terdapat wanita yang luar biasa.”
6.      Traju Mas
Wanita atau istri yang ideal adalah istri yang dapat memberikan pendapat atau solusi ketika suaminya tengah menghadapi sebuah pilihan. Maka wanita Traju Mas berperan sebagai timbangan untuk suami.
7.      Gedhong Kencana
Seperti namanya yang berarti “rumah emas”, berarti bahwa istri dapat berperan sebagai tempat yang nyaman untuk suaminya, senantiasa dirindukan. Wanita atau istri yang berhati teguh demi memberikan keteduhan ketika suami sedang merasa lelah karena bekerja.
8.      Sawur Sari
Wanita Sawur Sari diibaratkan seperti bunga mekar yang harum baunya. Seperti Kembang Wijayakusuma yang sedang mekar, tidak sombong akan kecantikannya, karena tidak semua orang bisa melihat bunga ini mekar secara utuh. Wanita yang terkenal akan keluhuran budi dan akhlaknya.
9.      Pandhan Kanginan
Merupakan wanita yang ideal, menarik hati, baik budinya, tampilannya sungguh menawan. Seperti aroma pandhan wangi yang memberi kenikmatan, wanita Pandhan Kanginan akan memberikan kenikmatan hanya pada suaminya.
Kesembilan tipe wanita yang dijabarkan di atas merupakan gambaran wanita ideal untuk dijadikan istri. Tentu saja standardisasi ideal setiap orang berbeda, tetapi dengan adanya penggolongan tipe-tipe seperti ini dapat dijadikan sebagai referensi untuk memperoleh pasangan yang tepat, karena pernikahan adalah karena Tuhan, sementara perceraian adalah karena setan.

8 comments:

  1. Sri Pagulingan, mngandung pengertian seorang istri harus dapat memuaskan/membahagiakan suami dalam melayani hubungan suami sitri/seks.............

    ReplyDelete
  2. Trus, kita tau kita masuk yg mana dr mana?


    btwm, salam kenall.....

    ReplyDelete
  3. Calon istriku yg mana ya? Mudah2an ke 9 tipe di atas dia punya semua. Aamiin

    ReplyDelete
  4. Berbagi Kisah, Informasi dan Foto-foto

    Tentang Indahnya INDONESIA

    www.jelajah-nesia.blogspot.com

    ReplyDelete
  5. @mas/mbak anonim: benar..sepakat..
    @mbak tia: coba mbak tia rasakan kira2 yang paling pas sm mbak tia yang mana..salam kenal..
    @diborongdotcom: wah beruntung sekali mas kalo bisa dapet semuanya...
    @jelajahnesia: ok, nanti tak mampir..makasih

    ReplyDelete
  6. @anonim: suami juga harus memuaskan istri..sama - sama alias adil.

    ReplyDelete
  7. @anonim: benar, saling memuaskan..haha

    ReplyDelete
  8. aku akan selalu berusaha kang , untuk mu suami tercinta...
    kerna hidupku untuk dirimu....

    ReplyDelete

 

Copyright © nglengkong Design by O Pregador | Blogger Theme by Blogger Template de luxo | Powered by Blogger