Sunday, March 8, 2015

PLTA - Pembangkit Listrik Tenaga Akik

Popularitas akik-akik (bukan aki-aki) belakangan memang menanjak tajam seperti tanjakan menuju puncak Suroloyo, atau tanjakan dekat rumah yang sering saya taklukan dengan sepeda kesayangan tiap sore. Bahkan tayangan mistis di televisi pun sering menampilkan batu akik ketika adegan sang paranormal melakukan penarikan benda gaib....


Akik. Entah siapa yang pertama kali membuatnya ujug-ujug terkenal seperti Cita Citata. Namanya pun unik, cocok digunakan sebagai nama grup musik metal; Bacan, Black Opal, Bulu Monyet, Blue King Saphir - dan yang sempat populer di tahun 90an, Merah Delima warna bibirnya, Merah delima yang aku suka, Merah delima, lima, lima..








***








Meroketnya akik memang membawa berkah bagi pengrajin batu akik tradisional dan juga penambang batu dadakan; menyusuri sungai agar menemukan batu akik 20 ton. Mungkin setelah booming batu akik ini juga bakal ada fenomena kepala batu di Indonesia.








Karena Indonesia juga mengenal fenomena aji mumpung, mungkin pemerintah mempunyai wacana untuk membangun PLTA baru. Bukan Pembangkit Listrik Tenaga Air, tapi Pembangkit Listrik Tenaga Akik.








Semoga nasibmu tidak seperti tanaman mellow Gelombang Cinta atau Jenmanii, atau juga tanaman pakan ikan grameh Senthe. Long Live Akik!!!

0 comments:

Post a Comment

 

Copyright © nglengkong Design by O Pregador | Blogger Theme by Blogger Template de luxo | Powered by Blogger